Wednesday, September 26, 2012

KONTROVERSI LADY GAGA


BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Lady Gaga tak lepas dari hal-hal kontroversi. Mulai dari gaun, rambut, lirik lagu, performa konser, adegan video musik hingga simbol-simbol dalam pertunjukan dan videonya. 

Apakah penyanyi Stefani Joanne Angelina Germanotta sekadar menggunakan simbol dan gaya busana Illuminati untuk publisitas, atau dia memang benar penganut? Hal ini masih menjadi perdebatan. 
Tapi, inilah beberapa simbol yang menjadi kontroversi itu: 
  1. Patung kepala semacam kambing jantan bertanduk jantan.
Simbol ini muncul dalam beberapa klip video dan kostum Lady Gaga. Salah satunya dalam klip Bad Romance. Kambing jantan ini disebut-sebut Baphomet, yang notabene lambang gereja setan.
  1. Simbol si mata satu alias one eye. 
Lambang ini kerap muncul dalam konser dan klip videonya. Berwujud piramida, terdapat satu mata pada bagian atas yang terpisah dari bawahnya. Disebut-sebut sebagai lambang Illuminati. Lambang ini bernama All-Seeing Eye yang artinya bisa melihat segalanya. Simbol Illuminati Mata Horus yang mengungkapkan sifat sejati kekuatan Horus, putra Osiris dan Isis, dewa-dewi Mesir Kuno.
Lady Gaga gemar sekali pada All-Seeing Eye, dan juga simbolisme rahasia. Ia pernah berpose dengan tangan mengacu pada Tangan Fatima (Hand of Fatima), gerak yang identik dengan Baphomet. Dalam berbagai fotonya, Gaga juga kerap berpose sambil menutupi satu matanya.
  1. Simbol salib terbalik dalam video klip Alejandro.
Ini adalah lambang anti-Kristus, setan, dan okultisme. Muncul dalam klipAlejandro.
  1. Arti nama "Gaga".
Dalam Thesaurus, rupanya nama "Gaga" berarti pikiran yang kosong. Sinonimnya: berkepala kosong, dungu, bertingkah sembarangan, sembrono, irasionalitas, gila, sakit jiwa.


1.2  Maksud Dan Tujuan
Agar masyarakat generasi muda lebih selektif dalam memilih idola bukan hanya di lihat dari tren music yang sedang berkembang, tetapi juga dari baik atau tidaknya dampak seseorang itu untuk masyarakat  dan generasi muda terutama untuk kita sendiri.

1.3 Ruang lingkup
Ruang lingkup dalam tulisan makalah ini adalah seluruh aspek yang bersangkutan dengan kontrovesi konser lady gaga di Indonesia. Seperti kita ketahui banyak masyarakat yang setuju maupun tidak setuju dalam hal ini. Banyak faktor - faktor yang mempengaruhi kegagalan konser lady gaga. Untuk lebih jelas kita akan membahasnya dalam makalah yang saya buat sedemikian rupa agar masyarakat dan generasi muda bisa memahami apa yang sebenarnya dilarang dan dampak yang dapat di timbulkan dari konser tersebut.


Bab II
2.1 Kontrovesi Laddy Gaga.
Lady Gaga. Nama asli penyanyi yang sensasional ini adalah Stefani Joanne Angelina Germanotta yang lahir pada 28 Maret 1986 dari pernikahan ayahnya Joseph Germanotta dengan ibunya Cynthia. Karirnya diawali sebagai penulis lagu untuk artis dibawah label Streamline Records. Pada tahun 2008, Lady Gaga menjadi tenar setelah merilis album debutnya berjudul The Fame, dan beberapa lagu yang membuatnya terkenal adalah Just Dance dan Poker Face. Album keduanya, The Fame Monster (2009) semakin menambah popularitas artis memiliki zodiak Aries ini. Terlepas dari prestasi dan fenomena Lady Gaga dikancah musik pop amerika, terdapat banyak kontroversi seputar artis yang satu ini. Tentu saja yang pertama adalah dalam hal penampilan, Lady Gaga memiliki selera fashion yang cukup aneh, dengan pakaian yang seronok, vulgar dan erotik serta mengumbar tubuh. Kontroversi lain dari Lady Gaga adalah beberapa lagunya dianggap menghina dan menghujat agama. Sebutlah lagu Judas yang dipercaya menyinggung kepercayaan kaum beragama Kristen - Katolik. Atau lagu Bad Romance yang dipercaya berisikan pesan-pesan rahasia tentang pemujaan terhadap setan, kebebasan seks dan manifestasi gelap kehidupan industri entertaiment, serta dipercaya isi lagu Bad Romance tersebut mengandung pesan-pesan serta mantra-mantra pemujaan terhadap Setan atau Okultisme. Foto Lady Gaga Belum lagi begitu banyaknya pengakuan, analisa,  dan review seputar kehidupan lady Gaga yang semakin menjurus kepada keyakinan bahwa Lady Gaga adalah pemuja setan. Maka tak heran jika begitu banyak pihak yang merasa gerah dengan rencana konser Lady Gaga di Indonesia. Mulai dari FPI, MUI, Partai politik, tokoh agama dan masyarakat, pemimpin daerah, bahkan sampai Kapolri dan Mendagri menyatakan menolak kehadiran wanita yang begitu memuja Madonna ini untuk melakukan pentas di Indonesia. Terlepas dari semua kontroversi Lady Gaga diatas, kita sebagai bangsa timur, yang memiliki budaya timur, dan memiliki agama yang kita yakini dan panuti, maka alangkah baiknya kita menjauhkan diri dari hal-hal yang negatif. Lagu memang enak di dengar, namun kadang lewat musik dan lagu, dialirkan berbagai doktrin, idealisme dan pemahaman yang bisa menyesatkan dan menyeret kita pada jurang ke kufuran


2.2 Pendapat dari para Artis dan masyarakat :
Banyak masyarakat dan artis yang sudah membeli tiket lady gaga tapi mereka tidak bisa menonton konsernya dikarenakan konser lady gaga di batalkan, ini sebagian kutipan kata-kata masyarakat yang diminta untuk mengomentari tentang kegagalan konser tersebut.
Mayangsari merupakan salah satu artis yang sudah membeli tiket konser penyanyi kontroversial tersebut. Namun istri Bambang Trihatmodjo itu bisa memahami adanya penolakan dari sejumlah pihak. Menurutnya "Lady Gaga terkenal, mungkin di negara kita nggak diterima karena ada banyak pertimbangan. Misalnya, perbedaan budaya. Kalau saya seniman, saya nonton siapa aja, yang saya suka. Saya melihatnya kan dari kacamata seniman," ungkap Mayangsari.
Djoko seorang promoter dari konser lady gaga mengaku telah mengingatkan Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo agar azas demokrasi tetap dikedepankan sehingga perlu ditempuh kebijakan kompromi dengan semua pihak terkait. Djoko menambahkan,  jika semua hal penting itu dikompromikan secara baik, sikap pro dan kontra atau kepentingan terhadap konser Lady Gaga akan terselesaikan. Selain itu, penyelesaian polemik rencana konser Lady Gaga itu akan menghindarkan Indonesia dari tudingan seolah-olah toleransi negara terhadap budaya dari luar negeri sangat rendah.
 Habib Rizieq mengeluarkan pernyataan bahwa organisasinya menolak dilangsungkannya konser Lady Gaga di Gelora Bung Karno 3 Juni mendatang. Kala itu, Rizieq mengeluarkan ancaman, "Kita mau sampaikan kepada bapak Presiden, begitu juga kepada bapak Kapolri. Kalau tidak ingin terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan jangan berikan izin untuk konser Lady Gaga."
Ki Abdul (25-05-2012 23:41:16)
tapi kalau kata gua sih mau lady gaga.mau lady gogo ga penting amat sih bagiku.indonesia punya aturan mainnya ko _punya lima agama_lima lambang pancasila_kenapa kita pada ribut serah kan saja kepada wakil2 rakyat_kita jangan terpancing ini itu_kita serahkan kepada yang diatas_semoga para wakil2 rakyat kita bisa mengatasinya masalah ini.amin

Husni (23-05-2012 12:54:03)
Lady gaga bukan saya panggil setan ... tapi saya panggil IBLIS


Puluhan mahasiswa Hizbut Tahrir Indonesia berunjukrasa di sekitar Bundaran HI Jakarta Pusat, menolak kedatangan Lady Gaga ke Indonesia, Kamis (24/5/2012). Mahasiswa menilai Lady Gaga membawa kebudayaan hedonisme yang menyebarkan pornografi dan seks bebas.
Kabar penolakan konser Lady Gaga yang tak kunjung mendapat ‘restu’ dari pihak kepolisian dan terutama FPI (Front Pembela Islam), mendapat perhatian serius dari artis sexy Julia Perez. Ia tidak sependapat jika Lady Gaga diibaratkan dengan sosok pemuja setan.
Lewat @juliaperrez, Julia Perez berkomentar jika ia tidak setuju jika Lady Gaga dianggap sebagaipemuja setan. Pihak yang menganggap demikian sangat katrok. Mengapa mereka selalu mencari-cari kesalahan orang.
Menurut Dewi persik dirinya tidak setuju atas penolakan kedatangan Lady Gaga. Menurutnya, apa yang dituduhkan oleh wanita yang selalu tampil nyentrik itu di setiap penampilannya itu adalah sebuah fitnah.

Beberapa pendapat sudah saya kutip di atas, dengan begitu kita bisa menilai sendiri apakah konser itu dapat mengganggu kebudayaan Indonesia atau tidak, tergantung dari setiap individu yang menilainya.

2.3  Kejadian pasca kegagalan konser lady gaga.

Pengamat pasar modal dari Reliance Securities  Steve Susanto memprediksi rencana penawaran perdana saham kepada publik (IPO) PT Prima Java Kreasi atau yang lebih dikenal Big Daddy bakal menemui batu sandungan.“Mendatangkan Lady Gaga saja gagal, itu kan mempengaruhi kepercayaan masyarakat,” ujarnya, Ahad, 27 Mei 2012. Ia menyatakan, segmen pasar bisnis hiburan terbilang  potensial di Indonesia. Bermodal jejaring sosial yang luas dengan kemampuan manajemen yang andal, maka semua promotor bisa menghadirkan pertunjukan spektakuler dengan dukungan selebritis dunia.“Target pasar mereka jelas dari kalangan masyarakat menengah ke atas,”ujarnya. Namun,  ia mengingatkan dengan semakin banyaknya selebritas dunia yang manggung di Indonesia, persaingan di kalangan promotor pun bakal semakin ketat. Sehingga kekhawatiran terjadinya kelesuan pasar   tidak terelakan.“Bisnis mereka bukan high tech yang bersandar pada teknologi seperti komunikasi, tetapi bersifat high communication, pasarnya bakal terus berubah,”ujarnya.Ihwal IPO Big Daddy, Ia menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen perusahaan untuk melakukan perbaikan serta mempersiapkan rencana itu dengan matang, sebab dengan adanya kegagalan konser itu (Lady Gaga) dikawatirkan kepercayaan masyarakat untuk menyerap saham mereka rendah.“Tidak mudah mengembalikan kepercayaan masyarakat bila sudah gagal,”kata dia.Sebelumnya perusahaan yang bergerak di bidang promotor musik, olahraga, atau family show ini berencana melepas 35-40 persen sahamnya ke publik dengan target dana  Rp 250 miliar – Rp 300 miliar.Sebagian besar dana itu akan dipakai untuk pembayaran Hutang perusahaan, sedangkan sisanya bakal digunakan membiayai aktivitas konser, pendidikan dan investasi infrastruktur . Saat ini, nilai utang yang dimiliki Prima Java mencapai Rp 200 miliar. Hutang tersebut didapat Prima Java di tahun lalu yang berasal dari induk usahanya dan juga investor asing yang sudah menyuntikkan dana ke Prima Java.
Para penggemar lady gaga di Indonesia sangat kecewa Kegagalan Lady Gaga menjadi bencana bagi pencita dan pemujanya. Buktinya ada yang menangis geru-geru (tersedu-sedu) kecewa dengan gagalnya Lady Gaga manggung di Jakarta. Ribuan orang kecewa, karena sudah terlanjur membayar. Pukulan telak bagi promotor, tetapi  jutaan umat islam pencita budaya Indonesia tersenyum dengan atas gagalnya Lady Gaga. Bahkan ada yang menangis karena rasa syukur atas kegalan Lady Gagal. Tersenyum dan tersenyum….itulah yang terlihat dari kelompok yang tida suka dengan Lady Gaga. Umat islam rame-rame bersujud syukur berjamaah.  Kegagalan Lady Gaga bagi umat islam adalah nikmat dan anugerah yang harus di syukuri, sedangkan bagi pemuja dan penikmat adalah musibah yang harus diratapi.dy Gaga, bahwa masyarakat Indonesia tidak semua setuju.

Bab III
3. PENUTUP
Dengan alasan budaya yang tidak sesuai dengan budaya ketimuran Indonesia, beberapa pihak yang kontra menolak dengan keras pelaksanaan konser ini di Indonesia. Penolakan itu ditanggapi secara ‘keras’ dari pihak yang pro. Pro-kontra ini kemudian memanas dan tidak henti-hentinya memenuhi pemberitaan berbagai media baik cetak, televisi, maupun internet, menggusur isu-isu seperti korupsi, dan bencana alam. Berbagai isu lain tiba-tiba dengan sendirinya menjadi jauh lebih ‘sepele’ daripada kontroversi konser Lady Gaga. Mungkin kali ini saya tidak akan menyampaikan pendapat tentang boleh atau tidaknya rencana konser Lady Gaga dilanjutkan, karena saya justru lebih tertarik dengan sesuatu yang ada di balik ‘bola panas’ pro-kontra itu sendiri, dan hubungannya dengan moral demokrasi yang dibawa oleh reformasi tadi.
Panasnya kontroversi di kalangan masyarakat membuat saya merasa bahwa terlepas dari apakah seharusnya atau tidak seharusnya pihak penyelenggara melanjutkan rencana konser Lady Gaga di Indonesia, ada hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan terutama bagi masyarakat Indonesia secara umum, yaitu NKRI itu sendiri. Jangan-jangan, tercapainya keinginan salah satu kelompok (entah yang pro ataupun yang kontra) harus dibayar mahal dengan hilangnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

3.1 KESIMPULAN
Lady gaga adalah artis pop international yang saat ini menjadi sorotan dunia, lady gaga terlahir sebagai anak yang di kucilkan dalam konteks lingkungan sosialnya. Oleh sebab itu lady gaga merasa bahwa dirinya adalah orang “aneh” dan berlangsung hingga saat ini ia terkenal, ia lebih suka mengasingkan diri dalam lingkungan sekitarnya dan menyebutkan bahwa dirinya adalah seorang penyuka sesame jenis dan mendukung anggota lesbian dan homoseks.
Mengapa konser lady gaga menjadi kontrovesi alasanya sudah pasti karna bertentangan dengan UU Pornografi dan UU kepolisian serta budaya bangsa Indonesia.


3.2 SARAN
Diharapkan bagi para pembaca agar dapat mengetahui lebih dalam dari kontrovesi konser lady gaga. Tak ada gading yang tak retak, maka dari itu saya sebagai penulis menyadari bahwa masih ada kekurangan dalam penulisan makalah ini maka dari itu kritik maupun saran, saya harapkan. Agar dapat memperbaiki makalah ini di masa mendatang.





Sumber :

No comments:

Post a Comment