Sunday, November 4, 2012



Artikel Psikologi Dan Teknologi Internet
Computer supported cooperative


                                                                  http://wosoc08.gunadarma.ac.id/logo/Gunadarma-100.jpg     



           Artikel             : pendekatan
                                                           Dosen              : Lilis Ratnasari
                                                           Oleh                : Erlita Dani Putri
                                                           NPM               : 12511469
                                                           Kelas               :2PA04





Computer Supported Cooperative Work (CSCW) adalahsebuahistilahgenerik, yang menggabungkanpemahamancara orang bekerjadalamkelompokdenganteknologi yang memungkinkanjaringankomputer, danterkaitperangkatkeras, perangkatlunak, layanandanteknik .Computer Supported Cooperative Work (CSCW) menyebarluaskanhasilpenelitian yang inovatifdanmemberikansebuah forum interdisiplineruntukperdebatandanpertukarangagasantentangteori, masalah-masalahpraktis, teknis, dansosial di CSCW.Jurnalmeliputisifatberagampenelitiandalambidangdandaerah yang terkait.Cakupanberkisardaristudietnografikerjakoperasiuntuklaporanpadapengembangansistem CSCW danyayasanteknologimereka.Salah satucontohsistem CSCW iniadalah electronic mail (email). Email merupakansistem CSCW yang bersifat asynchronous yang tidakmengharuskan user bekerjapadawaktu yang bersamaan. Penerima mail tidakharusmembukasuratnyapadawaktu yang samadenganterkirimnyasurat. Sebaliknyasistem CSCW synchronous membutuhkanpartisipasisimultandariparausernya.Perbedaanutamaantarasistem CSCW dengansisteminteraksi individual adalahtidakdapatdiabaikannyaaspeksosialkelompokdari user yang tergabung.Sistem CSCW dibangununtukmemungkinkaninteraksiantara user melaluikomputersehinggakebutuhansekianbanyak user tersebutharusterpenuhidalamsatuproduk.
Istilah Computer Supported Cooperative Work (CSCW) pertama kali digunakanoleh Irene Greif dan Paul M. Cashmanpadatahun 1984 padasebuah workshop yang dihadiriolehmereka yang tertarikdalammenggunakanteknologiuntukmemudahkanpekerjaanmerekaPadakesempatan yang samapadatahun 1987 Dr. Charles Findley mempresentasikankonsep collaborative learning work Menurut CSCW mengangkatisuseputarbagaimanaaktivitas-aktivitaskolaboratifdankoordinasididalamnyadapatdidukungteknologikomputer. Beberapa orang menyamakan CSCW dengan groupware namun yang lainmengatakanbahwa groupware merujukkepadawujudnyatadarisistemberbasiskomputer, sedangkan CSCW berfokuspadastudimengenai kakas danteknikdari groupware itusendiri, termasukdidalamnyaefek yang timbul bail secarapsikologimaupunsosial.

CSCW Matrix
Salah satubentukumumkonseptualisasisistem CSCW adalahdenganmengamatikonteksdaripenggunaansistemtersebut.Contohnyaadalahmatriks CSCW, yang diperkenalkanpertama kali padatahun 1988 oleh Johansen; danjugamunculpadaMatriksdimaksudmembagikontekssebuah "work" kedalamduadimensiyakniwaktudanlokasi. Dimensiwaktudibagimenjadikolaborasi yang dilakukanpadawaktu yang bersamaan (sinkron), atauberbeda (asinkron).Dimensilokasidibagimenjadikolaborasi yang dilakukanpadatempat yang sama, atautempat yang terdistribusi.




DaftarPustaka :
http://www.springer.com/computer/journal/10606
http://www.cscw2006.org/index.html

No comments:

Post a Comment